Badan Sertifikasi ISOSerifikasi iso 9001

Apa yang dimaksud dengan ISO 9001 dan Apa Kegunaannya

By September 25, 2018 No Comments

Apa yang dimaksud dengan ISO 9001 dan Apa Kegunaannya

Masih banyak yang bertanya apa itu sertifikasi iso ? Apa manfaat ISO? Benarkah ISO mampu meningkatkan produktivitas perusahaan? Oke sebelum kita menjawab pertanyaan di atas, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ISO.

ISO merupakan organisasi standar internasional atau bisa juga disebut Internasional organisational organization. ISO memiliki peran sebagia penerbit berbagai standar. Sebuah standar yang harus dimiliki demi mempermudah hidup banyak orang. Seperti sebuah SIM card dalam ponsel misalnya. Apakah SIM card tersebut berbeda bentuk dan ukurannya dari satu provider dengan provider lainnya? Tentu saja sama walaupun beda perusahaan. Apakah mereka boleh membuat SIM card yang lebih besar ukurannya? Tidak ada yang melarang namun tentu SIM card tersebut tidak akan bisa dipakai oleh ponsel manapun karena industri ponsel menggunakan standar yang sama ukurannya.

Nah ISO ini menerbitkan berbagai macam standar. Semuanya demi sebuah tujuan yaitu memudahkan setiap produksi barang dan memudahkan pelanggan mencari barang yang mereka butuhkan.

Namun jika saja orang menanyakan apa yang dimaksud ISO? Jawabannya biasanya merujuk kepada standar sebuah sistem manajemen. Terlebih untuk standar ISO 9001, standar yang sangat populer yang pernah dikeluarkan oleh ISO 9001. Standar sertifikasi ISO 9001 ini berbeda dengan semisal ISO 4725 yang membahas hanya tentang ukurang baut yang mungkin cuma berfungsi pada permasalahan teknik, namun ISO 9001 ini hampir berhubungan dan relevan dengan seluruh bidang industri, apapun jenisnya.

Lantas Apakah yang dimakasud sertifikat iso 9001?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sertifikasi iso 9001 sangatlah berbeda dengan sertifikasi atau standarisasi yang dikeluarkan ISO. Jika standar ISO yang lain membahas soal spesifikasi tentang sebuah produk, maka ISO 9001 ini merupakan sistem manajemen mutunya. Isinya bukan soal berapa ukuran SIM card, berapa panjangnya, berapa beratnya, namun yang perlu ditekankan oleh organisasi atau perusahaan untuk membuat sebuah produk atau jasa yang bermutu apapun jenis bisnis dan produknya.

ISO 9001 berisi tentang sebuah persyaratan mengenai misalnya apa yang perlu dilakukan perusahaan dan manajemen dalam menjamin mutu setiap produknya.

ISO 9001 juga membahas syarat tentang apa yang perlu dilakukan dalam merancang produk. Serta apa yang harus diperbuat perusahaan sebelum mereka memproduksi produk maupun memberikan layanan jasa.

Sertifikasi ISO ini juga menekankan persyaratan tentang apa yang seharusnya dilakukan perusahaan setelah memproduk produk tersebut (pasca produksi).

Serta hal-hal lain terkait dengan apa yang perlu dilakukan perusahaan agar mampu menjamin setiap mutu dari produknya. Dengan demikian akan tercipta kepuasan pelanggan yang tinggi. Itulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu sertifikasi ISO, untuk info lebih lanjut tentang konsultan dan training sertifikasi ISO bisa menghubungi kami di +6221 2780 8790

Leave a Reply