Badan Sertifikasi ISOSerifikasi iso 9001sertifikasi iso

Syarat-syarat Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

By September 20, 2018 No Comments

QACS | badan sertifikasi iso | jasa sertifikasi iso

Sertifikasi ISO 9001 merupakan sertifikasi ISO yang berorientasi kepada layanan konsumen dan standar manajemen mutu yang berorientasi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standardization (ISO).

Dalam standar ini, sebuah perusahaan wajib memiliki kemampuan dalam pemenuhan atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan juga kinerja. Begitu pula misalnya jika perusahaan tersebut ingin mengembangkan produk yang ia miliki lebih baik di mata pelanggan. Perusahaan juga harus selalu menerapkan peraturan, standar industri, dan
praktik terbaik mengenai proses produksi dan hasil.

Jadi pada intinya, standar SERTIFIKASI ISO 9001 akan memastikan jika perusahaan menawarkan produk-produk berkualitas namun juga harus mendorong dan bertindak atas umpan balik pelanggan, pengguna akhir, dan badan pengatur.

Sertifikasi ISO 9001 ini adalah semacam standar internasional yang bisa dipakai untuk menentukan landasan umum yang berlaku bagi seluruh perusahaan soal produk dan jasa yang mampu memenuhi kepuasan pelanggan dan syarat peraturan. Namun kesesuaian dengan persyaratan peraturan dan harapan pelanggan, bagaimanapun, tidak cukup untuk memenuhi standar SERTIFIKASI ISO 9001.

Dalam sertifikasi ISO, sebuah perusahaan juga harus menciptakan sistem yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya perbaikan terus-menerus.

Audit internal, audit oleh klien, dan audit oleh lembaga sertifikasi pihak ketiga independen harus didorong untuk membantu perusahaan melakukan perbaikan terus-menerus.

Standar SERTIFIKASI ISO 9001 dimaksudkan untuk berlaku bagi semua perusahaan dengan berbagai skala dan bidang industri.

SERTIFIKASI ISO 9001 tidak mensyaratkan cara tertentu tentang bagaimana perusahaan harus memenuhi persyaratan, melainkan hanya menunjukkan mengenai pedoman yang harus dipenuhi.

Klausul khusus mungkin saja diterapkan pada perusahaan tertentu untuk dikecualikan dari beberapa poin persyaratan yang telah ditetapkan, tanpa harus menurunkan standar keseluruhan.

Di antara keluarga standar ISO 9000, SERTIFIKASI ISO 9001, sebagaimana diubah pada tahun 2008 dan ditambah pada tahun 2009, adalah satu-satunya standar dimana sebuah perusahaan bisa mendapatkan sertifikasi.

Sertifikasi bukanlah persyaratan kepatuhan, tetapi berfungsi untuk meyakinkan pelanggan bahwa suatu perusahaan beroperasi sesuai standar yang ditetapkan.

Ketika diterapkan pada lingkungan bisnis ke bisnis, sertifikasi SERTIFIKASI ISO 9001 membantu menanamkan kepercayaan, terutama dalam situasi yang melibatkan hubungan bisnis baru.

Misalnya contoh, suatu perusahaan di Australia bisa saja kesulitan dalam menemukan data dan detail yang valid tentang perusahaan di Indonesia.

Mengetahui bahwa perusahaan di Indonesia memiliki sertifikasi SERTIFIKASI ISO 9001 dapat membantu menanamkan kepercayaan perusahaan Amerika tersebut. Untuk itulah Anda perlu mempercayakan perusahaan Anda dalam mengambil jasa konsultan sertifikasi ISO kepada badan sertifikasi ISO 9001 yang baik dan kredibel. Info lebih lanjut mengenai syarat sertifikasi iso 9001 bisa menghubungi kami di +6221 2780 8790 

Leave a Reply